Jumat, 15 April 2011

Troubleshooting Hardware PC

Cuma pingin share aja kalo ada yang komputernya nge-hang, atawa ga bisa hidup..
 
Langkah-langkahnya..:

1. Bersikap tenang dan berusaha yakin yang rusak bukan komponen utamanya (MotherBoard, CPU, dll)
2. Bila ketika ditekan tombol power, komputer tidak mau hidup, cek dulu koneksi antara kabel power dengan sumber power, apakah sumber power tersebut sudah berfungsi dengan benar atau belum. Jika sudah coba cek kabel power komputer dipindah ke monitor apakah dengan kabel power yang sama akan menunjukkan hasil yang berbeda atau tidak
3. Periksa terlebih dahulu koneksi antara tombol “ON”  pada casing PC dengna MotherBoard, bila sebelumnya tidak terjadi masalah (jatuh, dll) lalu kita cek pada bagian PSU (power supply unit)
4. Lepas semua kabel penghubung antara PSU dan MotherBoard dan harddisk atau CD/DVD Rom. Setelah itu buatlah sebuah “jumper” kabel kecil. Setelah itu lihatlah “colokan” power untuk MotherBoard dari PSU yang besar, ada lubang dari kabel “hijau dan hitam“. Untuk kabel hijau hanya ada satu dan kabel hitam ada banyak. Jumperlah salah satu lubang dari kabel warna hitam (usahakan yang dekat, untuk menghindari salah colok..he he) dengan lubang dari kabel warna hitam. Setelah itu hubungkan kabel power dengan pSU tersebut. Apabila kipas dari PSU bisa berjalan maka PSU tersebut dalam keadaan normal (untuk voltase tidak dibahas)
5. Setelah itu kita check bagian MotherBoard nya. Colokkanlah kembali kabel PSU ke MotherBoardnya dengan terlebih dahulu memasang PSU ke dalam casing PC. apabila setelah ditekan tombol “ON”, tidak mau hidup kembali (masuk ke dalam BIOS minimal), lepas seluruh kabel yang menempel pada MotherBoard (PSU, casing) kemudian lepas MotherBoard dari casing. Landasilah dari dasar MotherBoard tersebut menggunakan bahan isolator (biasanya gabus dari bungkus MotherBoard). Pasang lagi ke posisi semula kabel-kabel dan MotherBoard ke tempat semula.
6. Apabila layar di monitor masih menunjukkan warna hitam, langkah terakhir yang kita harus upayakan adalah dengan membongkar CPU. Ambil keluar CPU dari dalam MotherBoard, kemudian dengan menggunakan kuas (usahakan yang bersih) kuaslah kaki-kaki dari CPU tersebut, kemudian pasang kembali lagi semua pada tempatnya…
7. Apabila sampai langkah terakhir gambar yang ditunjukkan di komputer masih hitam, cek pada VGA (baik OnBoard maupun Card). Langkah ini dapat digunakan apabila kita memiliki VGA Card yang dalam kondisi baik
8. Permasalahan berikutnya biasanya ada pada RAM komputer, apabila ada Beep BIOS yang menempel tentunya sangat mudah menentukan bagian manakah yang rusak, apabila tidak ada tentunya kita harus mencoba satu persatu. Copotlah RAM dari MoBo kemudian gosoklah dengan karet penghapus pada bagian kuning dari RAM tersebut perlahan, kemudian pasang kembali
———————————————————————
Langkah diatas adalah langkah-langkah sebelum PC masuk ke dalam OS (Operating System). Apabila sudah berhasil dan PC belum bisa masuk ke Windows coba kita cek hardware berikut :
1. Coba pindahkanlah / kencangkanlah koneksi kabel sata / IDE dari harddisk (cabut dulu lalu pasangkan kembali)
2. Sama seperti no.1 diatas untuk kabel power dari harddisk, apabila belum bisa cobalah ganti menggunakan colokan yang lain, atau kalau menggunakan power SATA cobalah gunakan konverter power “IDE to SATA’
Have A Nice Try (berdoa jangan lupa^^)



2. Meskipun mereka cenderung menyebabkan beberapa-komputer menjijikkan gejala yang tidak bisa boot, menakutkan dan / atau pesan kesalahan membingungkan, dll-masalah hardware komputer biasanya jenis paling mudah untuk memecahkan masalah. Caranya, seperti halnya dengan semua usaha pemecahan masalah, adalah untuk mencari tahu di mana untuk memulai dan kemudian memfokuskan upaya Anda.

    
Pertama, tentu saja, Anda perlu memeriksa hal-hal yang bodoh. Anda mungkin akan kagum betapa banyak "masalah" diselesaikan dengan menghubungkan kabel, atau menyalakan saklar daya yang Anda bersumpah baru saja Anda lakukan. Di luar itu, memeriksa kembali snugness koneksi Anda-bergoyang di baru tambahan kartu atau memutar masuk sambungan kabel dapat (dan sering tidak) membuat perbedaan. Anda bahkan mungkin ingin memeriksa integritas dan konektor kabel Anda. Saya pernah memecahkan masalah SCSI membingungkan dengan memperhatikan bahwa salah satu pin di konektor SCSI-II dengan 50 miniatur-pin bengkok. Saya telah salah menduga, sebelum itu, bahwa pin bengkok akan mencegah saya dari membuat sambungan sama sekali, tapi ternyata tidak. Sayangnya, sebagai hasilnya, saya menyia-nyiakan beberapa jam pada sesuatu yang dapat telah mengambil dua menit.

    
Akhirnya, setiap kali Anda menginstal sesuatu yang baru, apakah itu lebih banyak memori, drive baru, plug-in kartu atau apa-yang-Anda, dan sesuatu yang tidak bekerja, itu lebih dari mungkin karena Anda membuat kesalahan di suatu tempat dalam proses instalasi proses . Langkah kembali melalui proses lagi, ganda dan triple-cek koneksi Anda, kemudian cobalah sekali lagi. Dalam kasus RAM yang tidak bekerja atau tidak diakui, bisa menjadi ketidaksesuaian dengan produsen spesifik dari RAM dan motherboard anda, jadi lihat apakah Anda dapat mencoba merek yang berbeda sebelum Anda melepaskan harapan. Akhirnya, dalam beberapa hal memasang sesuatu yang baru menyebabkan konflik dengan sesuatu yang lain - yang adalah apa yang sisa dari artikel ini adalah semua tentang.

    
Driver Dilema

    
Setelah Anda melewati dasar-dasar, itu ke langkah dua. Seperti sepatu bot Anda selama komputer, maka ada kemungkinan masalah tersebut terkait dengan hilang, rusak, tidak kompatibel atau tidak terpasang dengan benar perangkat lunak driver, atau dikenal hanya sebagai driver. (Jika PC Anda tidak start up, Anda mungkin ingin membuat boot floppy disk-lihat "Cara Buat Windows 95 (atau 98 atau ME) Disk sebuah 'Real' Boot" untuk lebih lanjut. Di samping itu, Anda harus memeriksa "PC Tips Mengatasi Masalah Startup" artikel untuk lebih lanjut.)

    
Hampir setiap perangkat keras yang terletak di dalam atau dihubungkan secara eksternal ke PC Anda membutuhkan driver untuk berkomunikasi dan fungsi dengan sistem operasi, aplikasi, dan komponen hardware lainnya di komputer anda. Driver dasarnya menerjemahkan pesan bolak-balik antara perangkat keras dalam pertanyaan dan sistem operasi, sehingga memungkinkan sistem komputer Anda untuk bekerja sebagai satu kesatuan (setidaknya, dalam teori). Sebenarnya, meskipun penampilan mungkin menyarankan sebaliknya, semua sistem komputer sebenarnya terdiri dari sekelompok potongan khusus yang tidak berbicara dalam "bahasa asli" dari komponen lain dan, oleh karena itu, memerlukan banyak terjemahan untuk berkomunikasi dan bekerja efektif dengan mereka. Ketika salah satu berbagai tingkat terjemahan memecah, baik, itulah ketika Anda mendapatkan masalah.

    
Device Manager adalah Teman Anda

    
Jika Anda menjalankan Windows 95, 98, atau ME, berhenti pertama Anda setelah komputer selesai proses startup harus Device Manager, bagian dari perangkat lunak sistem operasi yang membantu Anda mengelola berbagai potongan PC Anda. Anda bisa mendapatkan ke Device Manager dengan cara yang berbeda: dua termudah adalah klik kanan pada ikon My Computer pada desktop Anda dan memilih Properties dari menu konteks yang muncul ketika Anda melakukan ini, atau dengan membuka menu Start, naik ke Setelan, memilih Control Panel dari daftar pilihan dan kemudian double klik pada panel kontrol Sistem. Either way, Anda akan disajikan dengan kotak dialog tab, klik pada tab Device Manager mengatakan, dan kau ada di sana.

    
Hal pertama yang harus dicari adalah titik tanda seru kuning atau merah internasional ada tanda-tanda (Anda tahu, lingkaran dengan garis miring melalui itu) di samping salah satu perangkat Anda. Anda mungkin perlu untuk mengklik pada semua tanda plus kecil di samping setiap kategori perangkat untuk melihat daftar garis besar seperti penuh dari segala sesuatu di komputer Anda. Jika Anda melihat simbol kuning atau merah, kau tahu sesuatu yang salah. Saran pertama saya adalah untuk menyorot perangkat menyinggung dan klik pada tombol Remove. Apa yang dilakukan adalah pada dasarnya menghapus perangkat lunak driver yang berhubungan dengan perangkat serta referensi untuk itu dalam Windows 95/98/ME Registry. (Registry melacak semua hardware dan software yang anda instal, preferensi yang Anda tetapkan untuk masing-masing, serta banyak hal lainnya). Istilah keren untuk ini adalah "logis" mengeluarkan perangkat karena, meskipun mungkin secara fisik masih terpasang, komputer tidak lagi memiliki catatan kehadirannya.

    
Selanjutnya, Anda harus me-restart komputer Anda, biarkan Plug-and-Play fitur Windows '"menemukan" perangkat lagi, dan mengulang proses instalasi driver dengan baik menggunakan driver saran bahwa Windows menemukan dan membuat atau mengklik tombol Have Disk dan menggunakan disk installer yang disertakan dengan perangkat. (Jika kedua pilihan yang mungkin, aku akan pergi dengan disk yang disertakan dengan perangkat keras-kecuali Anda yakin mereka adalah versi yang lebih lama.) Jika komputer tidak menemukan perangkat, maka saya akan tersangka koneksi atau perangkat itu sendiri. Beli kabel lain, cabut dan re-plug konektor, hapus lalu menginstal ulang fisik apapun baru plug-in kartu atau melakukan apa pun yang Anda harus memastikan bahwa sambungan padat. Setelah Anda selesai melakukannya, Anda akan menemukan bahwa berkali-kali, cukup menginstal ulang driver memecahkan masalah.

    
kali lain masalah adalah karena versi lama seorang sopir bertentangan dengan sesuatu yang lain di sistem anda. Itu selalu ide yang baik untuk memeriksa dan mendapatkan versi terbaru dari driver yang dibutuhkan PC Anda. Periksa situs web produsen pertama dan jika Anda tidak dapat menemukan driver, atau driver, ada (atau jika perusahaan tidak lagi dalam bisnis), coba cari di salah satu repositori pengemudi web, seperti Driver Zone, WinDrivers.Com, WinFiles, atau Windows Dunia o Condron Frank '. Jika Anda menjalankan Windows 98 atau Windows ME, Anda juga mungkin bisa mendapatkan driver baru untuk hardware anda melalui fitur Windows Update dari menu Start.

    
Jika Anda menemukan dan men-download versi driver baru, Anda dapat sering update driver dengan mengklik pada daftar perangkat di Device Manager, klik Properties, memilih Driver Tab dan kemudian mengklik tombol Update Driver. Dari sana, tergantung pada apa versi Windows yang Anda gunakan (yang Win95A asli, Win95B direvisi, Win98, atau Windows ME), Anda harus secara manual mencari di mana file itu berada pada hard disk Anda, kemudian pilih , atau komputer akan mencoba untuk menemukannya untuk Anda. Either way, setelah file yang benar ditemukan, Anda memulai proses update hanya dengan mengklik sebuah tombol.

    
Beberapa update driver memaksa Anda untuk membuat disket baru, yang kemudian digunakan untuk memperbarui driver. Terus terang, meskipun itu lebih banyak pekerjaan awalnya, ini merupakan solusi yang baik dalam jangka panjang, saya pikir, karena jika Anda pernah harus benar-benar menginstal ulang Windows (misalnya, ketika anda membeli sendiri hard drive besar baru), biasanya Anda akan ingin untuk memiliki salinan dari driver Anda pada disket tetap.

    
Pikiran Anda Ps dan IRQs

    
Akhirnya, jika yang masih tidak berhasil, Anda mungkin perlu futz dengan IRQs ditakuti, atau Interrupt Permintaan. perangkat keras Kebanyakan hal yang memerlukan perhatian komputer Anda dari prosesor secara cukup teratur (untuk memeriksa status mereka) dan mekanisme untuk melakukan yang disebut Permintaan Interrupt (karena perangkat sopan meminta prosesor untuk mengganggu apa yang dilakukannya pada saat itu dan memberikan itu perhatian-baik, semacam). Karena kebutuhan untuk menjaga kompatibilitas dengan hardware yang lebih tua, PC saat ini masih terbatas pada 16 IRQs (nomor 0-15), yang mematikan menjadi masalah yang cukup besar pada komputer dilengkapi dengan baik banyak baru, (membaca salah satu saya InfoWorld Electric "terpasang" kolom untuk mempelajari lebih lanjut pada subjek).

    
Prinsip umum dengan pemecahan masalah IRQ adalah bahwa kedua perangkat tidak bisa biasanya berbagi IRQ (pengecualian penting adalah dengan beberapa berbasis PCI add-in kartu), dan jika mereka mencoba, satu atau kadang-kadang tidak perangkat akan bekerja dengan baik. Jika Anda menemukan bahwa Anda memiliki konflik IRQ, di mana dua kartu ISA atau PCI non-perangkat sedang mencoba untuk menggunakan IRQ yang sama, Anda harus mengubah pengaturan pada salah satu perangkat ke IRQ terbuka. Masalahnya, tidak setiap perangkat dapat menggunakan setiap IRQ, sehingga meskipun Anda memiliki IRQs lain yang tersedia, masalah perangkat mungkin tidak mampu menggunakan salah satu IRQs terbuka. Jika itu terjadi, Anda mungkin perlu memindahkan perangkat lain menggunakan salah satu IRQs bahwa masalah hardware tidak bekerja dengan terlebih dahulu, dan kemudian membebaskan IRQ untuk perangkat keras masalah. Jadi, misalnya, jika IRQ 8 adalah terbuka, tetapi Anda memiliki kartu SCSI yang hanya bekerja dengan IRQs 9 atau 11, Anda mungkin perlu memindahkan apapun di 11-8, dan kemudian mengatur kartu SCSI untuk IRQ 11. Sayangnya, terkadang hal ini bisa mengarah pada permainan puzzle yang menyebalkan di mana Anda mencoba untuk mencocokkan perangkat dengan IRQs Anda.

    
Untuk mengetahui apa IRQs sedang digunakan oleh komputer Anda, klik dua kali ikon komputer pada bagian atas Device Manager. Anda akan melihat jendela baru muncul yang menunjukkan yang menggunakan perangkat yang IRQs. Sayangnya tidak meninggalkan kosong untuk setiap IRQs yang tidak digunakan, jadi jika Anda perlu menemukan IRQ yang tersedia Anda harus melihat dari dekat, menghitung angka dan melihat apakah ada yang hilang. Jika nomor antara 0 dan 15 hilang, itu berarti bahwa IRQ tertentu tersedia.

    
Beberapa lama plug-in kartu mengharuskan Anda untuk mengubah IRQs dengan menetapkan switch kecil DIP pada kartu itu sendiri, atau melalui utilitas konfigurasi khusus. Kebanyakan baru Plug-and-Play kartu dapat diubah melalui Windows 95 atau Windows 98. Untuk melakukannya, pergi ke Device Manager, sorot produk dalam pertanyaan, klik pada tombol Properties dan kemudian pergi ke Sumber Daya Tab. Umumnya, Anda harus hapus Gunakan Pengaturan Otomatis tombol untuk membuat perubahan. Sebagian besar perangkat menawarkan beberapa pilihan Konfigurasi Dasar, yang adalah apa yang Anda harus mencoba dulu. Ini adalah kombinasi yang berbeda dari IRQs, rentang memori, dan I / O rentang. Yang Anda biasanya perlu khawatir tentang adalah IRQ. Beberapa perangkat juga memungkinkan Anda menyesuaikan parameter individual dengan mengklik tombol Change Settings.

    
Syukurlah, Anda jarang perlu khawatir tentang masalah IRQ jika Anda menggunakan Windows 95, 98 atau ME karena mereka semua melakukan pekerjaan yang cukup baik secara otomatis memperbaiki mereka sebelum mereka muncul. Sebenarnya, ini adalah salah satu yang paling penting mereka, namun perbaikan sedikit dibahas di atas Windows 3.1. Sayangnya, Windows 3.0 dan 3.1 pengguna masih perlu khawatir tentang hal semacam ini secara semi-rutin. Masalahnya tidak pernah terdengar di bawah Windows 95, 98 atau ME, tetapi (aku berlari ke dalamnya sendiri), itulah sebabnya saya mencantumkan di sini.

    
Akhir

    
Tips ini tidak akan menyelesaikan semua masalah perangkat keras Anda mungkin akan mengalami, tetapi mereka harus menyelesaikan sejumlah yang baik dari mereka. Hal penting untuk diingat ketika melakukan pemecahan masalah apapun adalah bahwa komputer benar-benar perangkat logis dan selalu ada alasan logis mengapa sesuatu yang tidak bekerja. Menemukan apa alasan itu dan kemudian menerapkan solusi yang tepat tidak selalu mudah (atau intuitif), tetapi jika Anda berpikir tentang masalah logis dan bekerja melalui langkah-demi-langkah, ada kemungkinan Anda akan dapat memecahkan itu sendiri. Dan, jika lebih buruk datang menjadi lebih buruk, Anda dapat selalu saja semuanya nuke dan memulai dari awal (lihat "Starting Over: partisi ulang, Reformatting dan Menginstal ulang" untuk lebih lanjut tentang bagaimana untuk melakukan itu). Good luck!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar